Mengenal Metode Forecasting Penjualan Dalam Bisnis

Mengenal Metode Forecasting Penjualan Dalam Bisnis

Apakah Anda terbiasa dengan metode Penjualan Hutan? Beberapa pengusaha, terutama mereka yang masih pemula, masih bingung tentang bagaimana memperkirakan jumlah barang yang akan diproduksi. Jika Anda menghasilkan terlalu banyak barang, dikhawatirkan mereka tidak akan menjual dengan baik sehingga bisa mengakibatkan kerugian. Tetapi jika Anda menghasilkan terlalu sedikit sementara permintaan pasar tinggi, Anda dapat mengecewakan pelanggan.

Sebenarnya, memperkirakan jumlah produk yang akan diproduksi dalam bisnis sangat mudah. Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk menentukan jumlah barang yang akan diproduksi adalah melalui metode reboisasi atau perkiraan. Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan metode ini, Anda bisa langsung memeriksa ulasan berikut.

Pelajari tentang metode perkiraan penjualan

Secara umum, metode reboisasi atau peramalan dapat dibagi menjadi dua, yaitu prakiraan kualitatif dan prakiraan kuantitatif. Untuk perkiraan kualitatif, gunakan lebih banyak pendapat dan analisis uraian. Sedangkan perkiraan kuantitatif terkait dengan perhitungan sistematis. Sekarang, untuk informasi lebih lanjut tentang dua metode di atas, lihat ulasan di bawah ini.

Metode peramalan kuantitatif

Bagi Anda yang tertarik menggunakan metode peramalan kuantitatif, pastikan Anda memahami setiap kategori. Apa kategori yang terkandung dalam metode perkiraan kuantitatif?

  • Rangkaian waktu

Metode yang termasuk dalam metode peramalan kuantitatif adalah metode deret waktu atau deret waktu. Untuk jenis metode ini, bunga umumnya dihubungkan antara variabel independen dan variabel dependen. Variabel dependen yang dirujuk di sini terkait dengan variabel yang dicari. Adapun variabel independen terkait waktu, seperti mingguan, bulanan, dan juga tahunan.

Baca juga : Menghitung Pajak Penghasilan

  • Metode kasual (sebab dan akibat)

Metode kedua yang termasuk dalam metode peramalan kuantitatif adalah metode kasual atau kausal. Untuk jenis metode ini, seseorang didasarkan pada hubungan antara variabel yang diperkirakan dan variabel yang mempengaruhinya. Namun, perhatikan bahwa variabel yang digunakan tidak dalam bentuk waktu. Jadi bagaimana Anda menghitungnya? Untuk menghitung atau memperkirakannya, Anda harus menggunakan metode regresi dan korelasi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan metode input dan output dan juga metode ekonometrik.

Metode peramalan kualitatif

Berbeda dengan metode yang dijelaskan di atas, metode peramalan kualitatif seringkali lebih subjektif. Ini karena metode peramalan kualitatif lebih dipengaruhi oleh emosi, pendidikan, pengalaman dan juga intuisi peramal nasib. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa hasil prediksi mereka berbeda dari orang ke orang. Namun demikian, ketepatan metode kualitatif ini jauh lebih baik dibandingkan dengan metode lain.

  • Penelitian pasar

Untuk jenis metode ini, umumnya mencari pendapat atau kontribusi dari konsumen yang memiliki pengaruh. Secara umum, ketika melakukan survei pasar ini adalah dengan membagikan kuesioner atau melakukan wawancara secara langsung.

  • Tenaga penjualan gabungan

Sesuai namanya, untuk jenis metode yang terdiri dari menggabungkan setiap penjual, mereka memperkirakan tingkat penjualan di wilayah masing-masing. Selain itu, proses peramalan akan digabungkan di tingkat provinsi dan nasional.

  • Metode Delphi

Jika dilihat sekilas, untuk metode yang terakhir ini hampir sama dengan metode kuesioner. Untuk melakukan metode ini perlu menyebarkan kuesioner. Selain itu, respons terhadap kuesioner yang dikumpulkan akan disederhanakan terlebih dahulu sebelum dikirim ke peramal.

Setelah mengetahui metode perkiraan penjualan, Anda tidak perlu lagi kebingungan terkait dengan jumlah barang yang akan diproduksi dalam periode tertentu. Dari dua sebelumnya, Anda dapat memilih metode mana yang paling cocok untuk perusahaan Anda. Nah, bagi Anda yang bingung mencari akuntansi atau software akuntansi finata.id lainnya, Finata hadir untuk memberikan solusi yang tepat. Dengan menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang disediakan oleh Finata, Anda dapat mengelola keuangan bisnis Anda dengan cepat dan akurat. Jadi tunggu apa lagi? Pesan segera dan nikmati berbagai fasilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *