Ponten Ngebrusan Solo

Menjaga Kebersihan Ponten Ngebrusan Solo

Kota Surakarta atau Solo memiliki banyak peninggalan sejarah. Salah satunya adalah Ponten Ngebrusan. Ponten berasal dari kata “sumber” dalam bahasa Inggris berarti air yang mengalir. Atau, Anda bisa menyebutnya toilet umum.

Ponten Ngebrusan sendiri adalah instalasi mangkuk toilet (MCK) yang dibangun pada Mangkunegara VII. Dia adalah Adipati Mangkunegara VII, yang memerintah antara 1920-an dan 1930-an. Ponten dibangun sekitar tahun 1936 dan menjadi salah satu contoh terbaik dari fasilitas publik milik Solo pada saat itu. Sekarang populasi ini tidak lagi digunakan.

Berikut beberapa bagian yang bisa digunakan oleh penghuni saat itu. Ada bilik pancuran dan toilet, bilik binatu, dan bilik urin. Di antara kamar ada saluran air yang mengalir ke sungai yang mengalir di dekat kolam.

Ponten di daerah Banjarasari juga merupakan contoh yang baik bagi masyarakat Surakarta untuk menjaga kebersihan lingkungan. Semua ini dilakukan karena pada saat itu banyak wabah penyakit menular yang membuat orang-orang di Surakarta tidak nyaman, seperti pes dan kolera. Duke of Mangkunegara VII tidak ingin wabah menyebar, jadi kota ini dibangun. Raja juga ingin warga Solo sadar akan menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan.

Pergi ke ponten ini tidak terlalu sulit. Terletak tidak jauh dari Pura Mangkunegaran dan berada di sebuah desa. Tidak ada tiket masuk untuk datang ke sini, lebih baik untuk meminta izin dari petugas atau penjaga ponten. Selain mengikuti sejarah ponten, kita juga bisa menikmati udara segar dan segar di sini.

Di depan ponten, ada taman dengan beberapa kursi yang bisa digunakan untuk bersantai. Sesekali, angin sepoi-sepoi yang bertiup membuat Anda merasa semakin keren. Jika Anda ingin mengambil foto, ponten ini juga bisa menjadi tempat yang menarik untuk mengambil foto. Sebab, Ponten Ngebrusan tidak seperti ponten biasa, tetapi ia memiliki arsitektur gaya Eropa.

Demikian pula ketika saya mengunjungi kuil, tempat favorit saya untuk mengambil foto adalah mengambil foto bangunan ini dari belakang foto besar. Nah, jika Anda berkunjung ke Solo, tidak ada salahnya untuk datang ke Ponten Ngebusan ini dan mendefinisikan kembali semangat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *