Wisata Goa Sriti Kulon Progo

Wisata Goa Sriti Kulon Progo, Akses, Lokasi, Aktivitas

Goa Sriti Kulon Progo: Bagi Anda yang ingin menjelajahi pengetahuan terkait dengan warisan sejarah para pahlawan kami di Indonesia. Wisata Sriti Goa adalah tempat yang cocok untuk dijelajahi. Selain menjadi tujuan liburan, Anda juga bisa mendapatkan wawasan dengan bepergian ke tempat bersejarah ini. Goa Sriti adalah saksi bisu perjuangan para pahlawan masa lalu yang digunakan saat ini sebagai objek wisata. Goa Sriti termasuk dalam kategori wisata sejarah di Jogja. Tempat ini dulunya tempat persembunyian Pangeran Dipenogoro selama perang.

Gua ini dibuat oleh Pangeran Dipenogoro sebagai lokasi strategis untuk taktik gerilya dan tempat persembunyian untuk melawan kolonialisme Belanda. Pangeran Dipenegoro adalah seorang pangeran yang memimpin perang melawan kolonialisme Belanda pada tahun 1825-1930.

Goa Sriti kulon progo juga menjadi saksi bisu di mana Pangeran Diponegoro bernama Sultan Abdullah Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi, yang bisa disingkat sebagai Abdul Hamid.

Keindahan Goa Sriti tidak kalah dengan keindahan gua-gua lain di kota Jogja. Goa Sriti juga memiliki stalaktit dan stalagmit yang menghiasi dinding gua dan lantainya. Anda dapat menjelajahi gua di sini dengan layanan pemandu dan juru kunci yang akan menjelaskan semua seluk beluk di Goa. Ada pilihan Paket Wisata Jogja yang menarik untuk dikunjungi, detailnya cek TripJogja.co.id saja guys.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tur ini masih sepi dari pengunjung. Ini karena wisatawan sekarang lebih suka wisata unik dan berbagai atraksi modern. Para pengunjung tur ini sering dikatakan orang-orang yang menyukai ilmu sejarah.

Lokasi Goa Sriti berada di Dukuh Hamlet, Purwoharjo, Distrik Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Jarak dari Goa Sriti ke kota Jogja adalah sekitar 30 km, dapat dicapai sekitar 1,5 km dengan sepeda motor atau mobil. Namun, untuk sampai ke lokasi wisata ini disarankan menggunakan sepeda motor. Mengingat akses itu tidak cukup baik.

Masyarakat di sekitar lokasi wisata ini umumnya berprofesi sebagai petani warung skala kecil atau pedagang, pada kenyataannya potensi wisata di tempat ini masih dapat digali lagi untuk melihat bahwa keindahan panorama di sekitar gua juga indah, Anda hanya bisa menambah wisata luar ruangan atau bisa juga dimasukkan sebagai salah satu tujuan paket wisata sejarah di kota Jogja
Namun yang penting dalam hal ini adalah peran pemerintah yang dapat mempromosikan pariwisata di wilayah tersebut dan harus hati-hati melihat daerah yang kaya akan potensi wisata dan kemudian membangun warganya sehingga mereka sadar akan pariwisata dan manfaat yang didapat.

Akses ke Goa Sriti

Rute adalah sebagai berikut:

Monumen Jogja putih mengarah ke barat menuju daerah Kenteng, Nanggulan kemudian belok kanan ke Magelang sampai mencapai daerah Dekso, berlanjut sampai Kalibawang di sebelah kiri mengikuti arah ke daerah Samigaluh. Ikuti jalan beraspal sampai Anda menemukan patung Pangeran Diponegoro menunjuk ke arah Gua Sriti.

Biaya masuk ke Goa Sriti

Secara umum, harga tiket untuk memasuki tur berbeda antara hari libur atau hari kerja. Di bawah ini adalah daftar harga untuk masuk ke area Goa Sriti Kulon Progo. Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan terus diperbarui
Pada hari kerja, harga tiket masuk ke Goa Sriti adalah Rp. 30.000,00. Sementara pada akhir pekan, harga tiket ke Goa Sriti adalah Rp. 30.000,00.

Aktivitas di Goa Sriti

Di sana wisatawan dapat berfoto dengan patung Pangeran Diponegoro yang menunggang kuda. Wisatawan juga dapat mempelajari sejarah tentang masa lalu di tempat wisata ini. Demikian artikel tentang Goa Sriti Kulon Progo. Semoga artikel ini dapat membantu. Itu saja dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *